Lihat Peta Kabupaten Kebumen di peta yang lebih besar

Album Geodet 82 Gama

Rabu, 03 November 2010

Remote Sensing

Remote sensing
Proses mendeteksi dan pemantauan karakteristik fisik suatu wilayah dengan mengukur radiasi yang dipantulkan dan dipancarkan pada jarak dari wilayah yang ditargetkan. Penginderaan jauh digunakan dalam tesaurus ini mengacu ke metode yang semata-mata atau terutama dikerahkan melalui udara atau ruang. Termasuk dalam konsep ini adalah studi tentang populasi biologi menggunakan teknik pencitraan remote. Terkait metode yang paling sering digunakan di lapangan (fotografi misalnya), apakah air, dari pesawat atau satelit, tidak termasuk dalam istilah "penginderaan jauh."

Metode Remote sensing antara lain :

Aeromagnetic Surveying
Pemetaan medan magnet bumi dengan menggunakan magnetometer elektronik udara.

Aeroradiometric surveying
Pemetaan radiasi gamma dari permukaan bumi dengan kilau meter udara atau spektrometer sinar gamma.

Hyperspectral imaging
Teknik pencitraan multispektral yang mencatat banyak band citra pada bandwidth yang sangat sempit.

IFSAR
perbandingan citra radar interferometri reflektansi dari daerah yang sama pada waktu yang berbeda untuk menentukan perubahan di permukaan tanah, biasanya dari ruang-sensor

Infrared imaging
Metode penginderaan jauh sensor optik yang menghasilkan representasi terlihat sinar inframerah atau panas terpancar dari objek pengamatan dan variasi suhu yang diwakili oleh warna yang berbeda pada gambar.

LIDAR
LIDAR (Light Detection dan Mulai) adalah teknik laser udara mulai lazim digunakan untuk memperoleh resolusi tinggi data topografi.

Microwave imaging
Metode penginderaan jauh menggunakan frekuensi tinggi gelombang elektromagnetik pendek dipantulkan atau terpancar dari tanah.

Multispectral imaging
Metode penginderaan jauh yang mendapatkan representasi optik dalam dua atau lebih rentang frekuensi atau panjang gelombang.

Panchromatic imaging
Teknik Fotografi yang menggunakan emulsi, film, atau pelat peka terhadap semua warna dalam cahaya untuk menghasilkan foto hitam-putih. Sering digunakan dalam fotografi udara dan satelit.

Radar imaging
Teknik penginderaan jauh yang menggunakan refleksi dari berdenyut gelombang radio frekuensi tinggi untuk menentukan kecepatan, arah, dan jarak objek jauh.

Thermal imaging
Teknik penginderaan jauh dengan menggunakan instrumen untuk mengukur dipancarkan radiasi termal untuk membentuk gambar permukaan bumi.

Visible light imaging
Metode penginderaan jauh dengan menggunakan radiasi elektromagnetik yang terlihat oleh mata manusia untuk bereaksi dengan lapisan di piring foto atau film.

Comments :

0 komentar to “Remote Sensing”

Poskan Komentar

Page View Histas

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by GeoMecator

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger