Lihat Peta Kabupaten Kebumen di peta yang lebih besar

Album Geodet 82 Gama

Senin, 08 November 2010

What is GPS

What is GPS ?

GPS, singkatan dari Global Positioning System, apa sih GPS itu ? disini ada beberapa difinisi yang saya ambil dari berbagai sumber ... situs web/webblogs.

Definisi:

Global Positioning System (GPS) adalah suatu keajaiban teknis yang dimungkinkan oleh satelit- satelit yang mengitari bumi mengirimkan sinyal yang tepat, yang memungkinkan penerima GPS untuk menghitung dan menampilkan lokasi yang akurat, kecepatan, dan informasi waktu kepada pengguna.

Dengan menangkap sinyal-sinyal dari tiga atau lebih satelit (antara konstelasi 31 satelit yang tersedia), penerima GPS dapat triangulasi data dan menentukan lokasi Anda.

Dengan penambahan daya komputasi, dan data yang tersimpan dalam memori seperti peta jalan, tempat menarik, informasi topografi, dan banyak lagi, penerima GPS dapat mengkonversi lokasi, kecepatan, dan informasi waktu ke dalam format layar yang digunakan.

GPS awalnya diciptakan oleh Amerika Serikat Departemen Pertahanan (DOD) sebagai aplikasi militer. Sistem telah aktif sejak awal 1980-an, tapi mulai digunakan oleh masyarakat sipil di akhir 1990-an. Konsumen GPS sejak itu telah menjadi industri-miliar dolar dengan beragam produk, layanan, dan utilitas berbasis internet.

GPS bekerja secara akurat dalam kondisi cuaca sepanjang hari, atau malam, setia jam, dan di seluruh dunia. Tidak ada biaya berlangganan untuk penggunaan sinyal GPS. Sinyal GPS akan terhalang oleh hutan lebat, dinding ngarai, atau gedung pencakar langit, dan signal tidak menembus ruangan tertutup dengan baik, sehingga beberapa lokasi mungkin tidak mendapatkan signal yang akurat dari navigasi GPS.

GPS receiver, secara umum mempunyai akurasi antara 15 meter, dan model baru yang menggunakan Wide Area Augmentation System (WAAS) memilki ketelitian 3 (tiga) meter.

Sementara Amerika Serikat satu-satunya negara yang menggunakan GPS sistem aktif, lima lainnya berbasis satelit sistem navigasi global sedang dikembangkan oleh negara-negara dan oleh konsorsium multi-bangsa.

Oleh : Fred Zahradnik
Sumber : http://gps.about.com/od/glossary/g/GPS.htm


Difinisi GPS / What is GPS ?

GPS, singkatan dari Global Positioning System, adalah sistem navigasi radio yang memungkinkan pengguna darat, laut, udara untuk menentukan lokasi yang tepat, cepat, dan setiap saat , dalam segala kondisi cuaca, di mana saja di dunia. Kemampuan sistem GPS saat ini membuat teknologi navigasi dan positioning terkenal lainnya seperti: kompas magnetik, sextant , kronometer, dan radio berbasis perangkat-praktis tergeser. GPS digunakan untuk mendukung berbagai aplikasi militer, komersial, dan konsumer.

24 GPS satelit (21 aktif, 3 cadang) berada di orbit pada 10.600 mil di atas bumi. Satelit-satelit tersebut memiliki jarak dari setiap titik di bumi, empat satelit akan berada di atas cakrawala. Setiap satelit memiliki atau dilengkapi komputer, jam, dan radio. Dengan memahami orbit satelit setiap saat, satelit secara continyu mengalami perubahan posisi dan waktu. (Setiap hari, setiap satelit mengecek waktu dan posisi dengan stasiun bumi dan membuat koreksi kecil.) Pada bumi, setiap GPS penerima dilengkapi dengan sebuah komputer yang "triangulates" pada posisinya mendapatkan arah (bearings) dari tiga atau empat satelit. Hasilnya disajikan dalam bentuk dan format posisi geografis - lintang dan bujur-, untuk reiciver penerima.

Jika penerima juga dilengkapi dengan tampilan layar yang menunjukkan peta, posisi dapat ditampilkan pada peta. Jika keempat satelit dapat diterima, penerima / komputer dapat mengetahui ketinggian serta posisi geografis. Jika Anda pindah, receiver, Anda juga mungkin dapat menghitung kecepatan dan arah perjalanan dan memberikan perkiraan waktu untuk tujuan tertentu. Beberapa GPS receiver khusus juga dapat menyimpan data, untuk digunakan dalam Sistem Informasi Geografis (GIS) dan pembuatan peta.

Sumber : http://www.gis2gps.com/GPS/GPSDEF/gpsdef.html

Comments :

0 komentar to “What is GPS”

Poskan Komentar

Page View Histas

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by GeoMecator

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger