Lihat Peta Kabupaten Kebumen di peta yang lebih besar

Album Geodet 82 Gama

Rabu, 03 November 2010

What is Geodesi ?

Apa sih yang disebut Geodesi itu, Pelajaran apa saja yang dipelajari dan yang bagaimana profesi Geodesi ? Pertanyaan tersebut selalu muncul terutama di kota-kota kecil pada setiap siswa sekolah SMA yang akan melanjutkan kuliah di Perguruan tinggi. Oleh karena itu, silahkan baca berikut ini.

Geodesi :

1.Geodesi menurut pandangan awam adalah cabang ilmu geosains yang mempelajari tentang pemetaan bumi. Geodesi adalah salah satu cabang keilmuan tertua yang berhubungan dengan bumi.

2.Menurut Helmert dan Torge (1880), Geodesi adalah Ilmu tentang pengukuran dan pemetaan permukaan bumi yang juga mencakup permukaan dasar laut.

3.Menurut IAG (International Association Of Geodesy, 1979), Geodesi adalah Disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan perepresentasian dari Bumi dan benda-benda langit lainnya, termasuk medan gaya beratnya masing-masing, dalam ruang tiga dimensi yang berubah dengan waktu.

Lingkup Keilmuan

Geodesi adalah bidang ilmu inter-disiplin yang menggunakan pengukuran-pengukuran pada permukaan Bumi serta dari wahana pesawat dan wahana angkasa untuk mempelajari bentuk dan ukuran bumi, planet-planet dan satelitnya, serta perubahan-perubahannya; menentukan secara teliti posisi serta kecepatan dari titik-titik ataupun objek-objek pada permukaan bumi atau yang mengorbit Bumi dan planet-planet dalam suatu sistem referensi tertentu; serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk berbagai aplikasi ilmiah dan rekayasa menggunakan matematika, fisika, astronomi, dan ilmu komputer. Selengkapnya Baca pada “ KELOMPOK KEILMUAN GEODESI “ Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung di http://geodesy.gd.itb.ac.id/?page_id=12

Lingkup Lapangan Pekerjaan :

Lingkup Lapangan Pekerjaan seorang Geodet antara lain hampir semua bidang Perencanaan , Pembangunan Infra struktur berupa sarana Jalan, Jalan Kereta Api, Saluran Irigasi, Jalur arus listrik tegangan tinggi ( menara kabel listrik tegangan tinggi ), Waduk atau Bendungan, Lapangan Terbang, Pembuatan Terowongan, Pengeboran Minyak atau Tambang, Kehutanan dan lain sebagainya diperlukan Peta Perencanaan sebagai produk dari disiplin ilmu Geodesi.
Instansi-instansi / Departemen / Badan Pemerintah yang berkaitan :
- Bakosurtanal ( Badan Koordinasi Pemetaan Nasional )
- Badan Pertanahan Nasional R I
- Pajak Bumi dan Bangunan
- Pertamina
- Departemen Pekerjaan Umum
- Departemen Energi dan Pertambangan
- Departemen Kehutanan
- JANTOP AD ( Jawatan Topografi Angkatan Darat )
- JANHIDROS AL ( Jawatan Hidrografi dan Oceanografi Angkatan Laut )
- LAPAN
- BAPEDA
- Swasta ( Konsultan Pengukuran dan Pemetaan )
- Dan lain sebagainya.

Comments :

0 komentar to “What is Geodesi ?”

Posting Komentar

Page View Histas

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by GeoMecator

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger